Pages

Labels

Monday, April 11, 2016

Kiat Usaha Rumahan

Membuka usaha rumahan saat ini adalah salah salah satu yang sedang trend dikalangan ibu rumah tangga khususnya. Pada umumnya mereka menjual berbagai aneka kue dan snack, usaha catering atau usaha kuliner lainnya yang sedang popular saat ini. Ada beberapa kiat usaha rumahan di bidang kuliner yang bisa anda lakukan agar usaha anda terus berkembang, yaitu:




1.    Pahami produk yang akan anda jual
Produk apa yang akan anda jual apakah menguntungkan atau tidak?  Tanyakanlah itu pada diri sendiri sebagai pertimbangan dalam memahami produk. Klasifikasikan jenis makanan yang hendak anda produksi.  Pada kiat ini anda harus memikirkannya dengan hati-hati, jangan sampai anda salah mengambil keputusan.

2.    Pelajari trend dan mencari ciri khas sendiri
Saat ini trend harus anda pelajari, anda bisa belajar dari sesuatu yang tren tersebut, mencari celah, mengapa hal itu bisa menjadi trend, lalu membuat ciri khas anda sendiri. inovasi dibutuhkan untuk memenangkan pasar, kreativitas anda di tuntut untuk menghasilkan sesuatu produk yang berbeda dengan orang lain.

3.    Lokasi yang strategis
Kiat selanjutnya lokasi yang strategis, carilah letak strategis yang terdapat di rumah anda. tempat yang sekiranya bisa di lihat oleh orang-orang yang berlalu lalang. 

4.    Tentukan harga
Agar anda memiliki pelanggan di awal membuka bisnis, berilah harga murah namun tetap tanpa rugi. Sesuaikanlah harga dengan apa yang akan pelanggan dapatkan. Berikan harga yang sewajarnya jangan mematok harga yang mahal meskipun di tempat yang bagus dan menu istimewa.
Ini hanya akan membuat orang datang sekali saja atau terbatas untuk kalangan menengah keatas. Atau bila perlu cocokkan harga dengan konsumen yang terbanyak di sekitar tempat anda menjual.

5.    Standarisasi resep
Resep andalan yang telah diuji coba harus Anda miliki dalam memulai bisnis makanan yang laris. Mintalah keluarga terdekat atau tetangga anda untuk mencobanya demi mendapatkan standarisasi. Anda bisa meracik resep rahasia agara masakan anda tidak bisa ditiru.

6.    Kualitas pelayanan
Seenak apapun makanan anda jika pelayanan tidak memuaskan maka konsumen tidak akan datang lagi, Maka kualitas pelayanan jangan pernah luput dari perhatian anda. 
Itulah beberapa kiat peluang usaha rumahan yang bisa Anda terapkan sebagai resep dalam persaingan bisnis dan usaha.

No comments:

Post a Comment